Aliansi Jurnalis Independen


PWI Pusat Kukuhkan Pemecatan 13 Wartawan Anggota PWI Jaya
April 18, 1995, 11:01 am
Filed under: Berita

KOMPAS – Selasa, 18 Apr 1995  

 Jakarta, Kompas
     Pimpinan PWI Pusat menyatakan mendukung keputusan PWI Jakarta yang menggugurkan keanggotaan 13 wartawan anggota PWI. Rinciannya, tiga diberhentikan karena keterlibatan dalam “Deklarasi Sirnagalih” yang melahirkan Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Sepuluh lainnya karena keanggotaan mereka secara administratif otomatis gugur,  lantaran penerbitannya tempat mereka bekerja tidak terbit lagi dan
selama 6 bulan tidak bekerja di penerbitan lain.
     Keputusan untuk mengukuhkan “vonis” PWI Jakarta itu dikemukakan oleh Ketua PWI Pusat Sofyan Lubis dalam konperensi pers di Senin (17/4) di kantornya. “Sanksi itu dijatuhkan, karena mereka dinilai melakukan tindakan yang merendahkan martabat dan citra PWI sebagai satu-satunya organisasi wartawan. Mereka sudah mengingkari cita-cita wartawan pejuang ketika dulu membentuk PWI,” ujar Sofyan.
     Para wartawan yang keanggotannya digugurkan itu, kata Sofyan lagi, sudah tidak peduli lagi pada pentingnya ketaatan pada aturan organisasi. Keputusan itu diambil setelah PWI Pusat dalam beberapa rapat membahas, baik dari segi aturan organisasi maupun peraturan Menpen. Soal keberadaan PWI sebagai satu-satunya wadah wartawan dan wajib dimasuki tiap wartawan misalnya, Sofyan mengutip Peraturan Menpen No 02 tahun 1969.
     Sesudah sanksi dikukuhkan, kata Sofyan, yang kini diharapkan PWI adalah agar setiap pemimpin redaksi menegakkan keputusan PWI dan ikut menegakkan nama baik dan martabat organisasi. “Harus diingat bahwa tiap pemred bisa menduduki posisinya karena rekomendasi PWI”. Karena itu mereka bukan cuma harus mendukung keputusan PWI, tapi juga harus melaporkan ke PWI setiap kali menerima wartawan”.
     Sofyan dalam acara itu juga mengumumkan wartawan yang bakal menggantikan posisi Goenawan Mohammad di Majalah Swa dan Fikri Jufri di Majalah Matra, yang kini otomatis tidak lagi bisa menjadi pemred karena keanggotaan mereka di PWI dicabut. Orang yang menggantikan Goenawan Mohammad adalah Handjojo Nitimihardjo dan Fikri Jufri diganti oleh N. Riantiarno.(nug)


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: