Aliansi Jurnalis Independen


3 Tahun Aliansi Jurnalis Independen
August 10, 1997, 12:32 pm
Filed under: Berita

Kabar dari PIJAR
Date: Sun, 10 Aug 1997 15:29:06 -0600 (MDT)

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) memberikan penghargaan kepada (alm) Muhammad Syarifudin, pada acara ulang tahunnya yang ke tiga, 7/8 malam, di Gedung Teater Utan Kayu (TUK). Wartawan Bernas ini dinilai telah memenuhi kriteria dewan juri. Orang tua Udin, Pak Janggot, demikian ia biasa dipanggil, yang hadir malam itu menjadi bintang utama acara.

AJI yang didirikan atas dasar rasa keprihatinan beberapa wartawan terhadap dibredelnya tiga media massa; Tempo, Detik dan Editor, merasa terpanggil untuk menuntut haknya sebagai penulis yang telah dirampas dengan sewenang-wenang. Akhirnya, dengan tekad bulat, bersama dengan aktivis hak asasi manusia yang juga merasa terpanggil, menghimpun diri dalam wadah yang sekarang dikenal dengan Aliansi Jurnalis Independen dan memproklamirkankan Deklarasi Sirnagalih pada 7 agustus 1994 yang kini pada tanggaal tersebut diperingati sebagai hari lahirnya AJI.

Acara yang dihadiri lebih kurang 150 orang , yang terdiri dari berbagai kalangan; seniman, mahasiswa , aktivis prodemokrasi dan sastrawan. Acara ini dimeriahkan juga oleh Ariswendo, Ratna Sarumpaet, Gunawan Muhammad serta beberapa pers asing dan Duta Besar beberap negara asing dengan pembawa acara Jajang C. Noor. Dalam kesempatan itu, hadir juga tiga aktivis AJI yang baru beberapa bulan menghirup udara bebas setelah dipenjarakan berhubungan dengan penerbitan press alternatif Suara Independen, Ahmad Taufik, Eko ‘item’, dan juga Danang Kukuh.

Malam peringatan hari lahirnya AJI yang juga sebagai malam penyerahan  penghargaan kepada Muhammad Sayarifudin ini, diisi juga dengan peluncuran buku  “Tidurlah Akal Sehat” yang ditulis oleh Danang Kukuh.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh sekjen AJI, Satrio Arismunandar, berdasarkan penilaian dewan juri, Udin berhak menerima penghargaan ini dan menyisihkan beberapa calon yang ada. Dalam penilain dewan juri Udin telah memenuhi kriteria yang layak untuk memperoleh penghargaan dar AJI. Adapun kriteria yang telah dipenuhi bahwa Udin telah menunjukkan integritas yang
tinggi terhadap perkembangan jurnalistik, berani menghadapi konsekwensi profesi wartawan baik itu resiko fisik maupun non fisik, dan Udin juga mempunyai prestasi jurnalis yang baik. Atas dasar pertimbangan inilah Udin dinobatkan sebagai penerima penghargaan.

Penghargan dengan jumlah uang sebesar 1000 dollar US (sekitar dua juta rupiah lebih) ini juga diberikan kepada “Tim Kijang Putih”, gabungan beberapa orang wartawan Yogyakarta yang terus concern mengangkat kasus kematian udin. Uniknya dari tim ini adalah selalu menggunakan mobil kijang putih setiap kali melakukan investigasi menguak tabir kematian Udin, ini sebabnya disebut Tim Kijang Putih.

Tim Kijang Putih dalam sambutannya membeberkan penyebab kematian Udin. Dari data yang diperoleh tim ini dapat disimpulkan bahwa kematian Udin sebagai akibat penganiayaan sehubungan dengan tulisan-tulisan Udin yang banyak mengkritisi Bupati Bantul. Tulisan Udin yang membeberkan tentang tindakan Bupati Bantul yang menyogok Yayasan Darmais sebesar 1 milyar, dan beberapa proyek di Parang Tritis yang sempat meresahkan warga setempat.

Acara yang dipandu oleh Jajang C Noor ini seolah-olah mendadak dan tanpa ada perencanaan sehingga acaranya terkesan spontan. Ketika ayah udin yang menjadi tamu kehormatan malam itu sedang memberikan sambutan dan menceritakan tentang sekilas hidup Udin, Pak jenggot yang senang bicara ini nampaknya kecewa sekali karena haknya untuk bicara distop. ” Maaf ya pak, saya juga disuruh atasan saya,” kata jajang yang dibarengi oleh tawa para undangan. (Yuli)


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: