Aliansi Jurnalis Independen


AJI Melarang Anggotanya Terima THR
November 15, 2003, 2:31 pm
Filed under: Kliping

Kompas, Sabtu, 15 November 2003

Pontianak, Kompas – Aliansi Jurnalis Independen Kalimantan Barat melarang anggotanya menerima uang tunjangan hari raya dari instansi pemerintah maupun swasta. Pelarangan ini dimaksudkan agar wartawan yang tergabung dalam organisasi ini bisa menjalankan profesinya secara baik sesuai dengan kaidah dan etika pers.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kalbar Rudi Agus Haryanto mengatakan hal itu di Pontianak, Jumat (14/11). “Berdasarkan pengalaman tahun-tahun lalu, menjelang Lebaran biasanya ada saja oknum yang mengatasnamakan wartawan AJI meminta uang THR ke berbagai instansi pemerintah. Kita berharap, dengan adanya larangan ini, maka bagi pejabat atau siapa pun dapat mengetahui bahwa wartawan yang tergabung dalam AJI tidak menerima THR dari pemerintah atau pejabat,” katanya.

Ditanya apakah sudah ada laporan anggota AJI yang meminta atau menerima THR dari pejabat. Rudi mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya anggota AJI yang meminta atau menerima THR tersebut. “Pengalaman tahun lalu ada nama-nama anggota AJI yang disodorkan kepada instansi pemerintah dan swasta oleh oknum tertentu untuk mendapat THR,” katanya.

Membeludak

Sementara itu menurut sejumlah karyawan di Kantor Gubernur Kalbar, dalam seminggu terakhir sudah ada sekitar 187 wartawan dari sekitar 10 media yang mengajukan secara resmi permintaan untuk mendapatkan THR kepada gubernur, wakil gubernur, dan sekretaris daerah Pemerintah Provinsi Kalbar. Permintaan untuk mendapat THR itu diperkirakan bakal meningkat menjelang Lebaran nanti.

Untuk melayani permintaan tersebut, Sekretaris Daerah Pemprov Kalbar menyerahkan pengurusannya kepada Badan Informasi Daerah (BID). Untuk pemberian THR tersebut diperkirakan butuh dana sekitar Rp 25 juta.

Namun di sisi lain, pemberian THR kepada sejumlah orang yang mengaku wartawan itu justru menimbulkan kecemburuan karena karyawan di lingkungan Pemprov Kalbar sampai saat ini belum mendapatkan THR. (FUL)


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: