Aliansi Jurnalis Independen


AJI Desak Kepala Polri Serius Usut Pembunuhan Elyudin
October 14, 2005, 10:59 am
Filed under: Berita

Jum’at, 14 Oktober 2005 | 19:34 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mendesak Kepala Polri Jenderal Sutanto serius mengusut pembunuhan Elyuddin Telaumbanua, wartawan Berita Sore, Medan. Desakan ini disampaikan Ketua AJI, Edy Soeprapto, karena hingga kini polisi tak kunjung menyidik secara serius atas kasus ini.

Elyudin, yang akrab dipanggil Bang Ely, hilang sejak 29 Agustus 2005 lalu. Saat pamit kepada istrinya, Elisa Sederhana Harahap, Ely mengatakan, dirinya akan melakukan liputan selama beberapa hari di Teluk Dalam. Dari rumahnya di Jalan Yos Sudarso, Desa Saewe, Kecamatan Gunungsitoli, dia membawa perlengkapan kerja wartawan. Namun sejak saat itu, tak pernah kembali. “Hingga kini, mayatnya juga tak ditemukan,” kata Edy.

Meski mayatnya belum ditemukan, AJI punya keyakinan bahwa ini kasus pembunuhan. Hal ini berhubungan dengan konflik pemilihan kepala daerah di Nias Selatan. Indikasinya, berita-berita yang ditulis Ely di Berita Sore, terkait soal itu.

Di antaranya, berita berjudul “Panwaslih Nisel Minta Tangkap Ketua Dan Anggota KPUD” (12/8/05), “DPRD Panggil Paksa Ketua KPUD Nias Selatan (15/08/05), dan “Masyarakat Nisel Harapkan Panwaslih Usut Penyelewengan KPUD Pada Proses Tahapan Pilkada “(16/08/05).

Edy juga mengutip pesan terakhir yang disampaikan Ely sambil menunjukkan foto seorang tokoh publik di Nias Selatan. “Cari orang ini jika ada apa-apa terhadap saya,” kata Edy mengutip pernyataan Ely ketika itu.

Menurut dia, keterangan ini mestinya bisa menjadi salah satu pintu masuk mengusut kasus ini. Karena itu, AJI mendesak Kepala Polri melalui Kepala Polda Sumatera Utara untuk secara serius mengusut kasus tersebut.

Keluarga Elyudin siang tadi mendapat panggilan dari Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, Komisaris Jenderal Makbul Padmanegara. (Abdul Manan)


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: