Aliansi Jurnalis Independen


AJI Menuntut Presiden Yudhoyono Copot Sofyan Jalil
December 1, 2005, 10:44 am
Filed under: Berita

Kamis, 01 Desember 2005 | 22:16 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia menolak keras terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Swasta yang diundangkan pada 16 November 2005 lalu.

Penerbitan PP itu, menurut siaran pers AJI, bersama-sama tiga PP lainnya tentang lembaga penyiaran berlangganan, lembaga penyiaran asing, dan lembaga penyiaran komunitas ini telah menabrak Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, karena ketentuan lebih lanjut tentang berbagai hal di dalam Undang-Undang itu semestinya disusun bersama dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Aji menuding ada indikasi kuat penerbitan PP ini semata-mata ditujukan untuk mengontrol secara mutlak tersedianya informasi publik yang jujur dan bebas. Beberapa pasal dalam PP ini telah menutup kemungkinan bagi publik untuk memperoleh informasi dari sumber yang lebih beragam. Pelarangan lembaga penyiaran swasta untuk merelai siaran warta berita dari luar negeri di samping menutup informasi pembanding bagi publik, juga akan membuat lembaga penyiaran di dalam negeri akan hidup seperti katak dalam tempurung.

AJI Indonesia menuntut Presiden Susilo Bambang Yudoyono segera mencabut PP bermasalah itu, mencopot Menteri Komunikasi dan Informatika, Sofyan Jalil dari jabatannya dan membubarkan Departemen Komunikasi dan Informatika karena lembaga ini telah disalahgunakan untuk memfungsikan kembali peran Departemen Penerangan ala Orde Baru.

AT/SP AJI I


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: