Aliansi Jurnalis Independen


Wartawan Pikiran Rakyat Ditusuk Orang tak Dikenal
August 5, 2006, 11:08 am
Filed under: Berita

Sabtu, 05 Agustus 2006 | 16:03 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Agus Rakasiwi, wartawan Pikiran Rakyat, menjadi korban kekerasan orang tak dikenal. Empat remaja yang menggunakan dua sepeda motor menyerang Agus saat dia tengah menjalankan sepeda motornya di Jalan Setiabudhi Bandung pada Jumat (4/8) dini hari sekitar pukul 00.30 WIB.

Berdasarkan penuturan Agus, kejadian itu berawal saat dia tengah mengendarai sepeda motor sambil membonceng kawan perempuannya. Ketika sepeda motornya melaju di
Jalan Setiabudhi, Agus sudah diikuti oleh dua sepeda motor bebek. “Saya mulai curiga karena kedua motor itu mengikuti saya,” katanya.

Sekitar 100 meter sebelum pertigaan Jalan Setiabudhi – Jalan Cihampelas, tiba-tiba salah satu dari pelaku memepetkan motornya sambil berusaha merebut kunci motor Agus. Untuk menghindari aksi itu, Agus membanting setang motornya ke arah kiri sambil kakinya berusaha menendang bagian belakang motor si pelaku.

Namun tendangan Agus meleset. Bahkan, salah seorang pelaku membalas dengan menendang ban depan motor Agus. Akibatnya, motor Agus oleng dan menabrak trotoar di sebelah kiri jalan. “Saya dan kawan saya terlempar dari sadel motor,” katanya.

Dua sepeda motor pelaku berhenti, dan dua pelaku yang duduk di belakang mendekati Agus. Sempat terjadi adu mulut antara Agus dengan para pelaku. “Tiba-tiba mereka mengeluarkan pisau dari balik baju mereka dan menusuk saya,” katanya. Agus yang berusaha menahan serangan itu, akhirnya mengalami luka di dada sebelah
kanan karena tusukan.

Agus menjelaskan, para pelaku sempat meminta handphone, dompet dan tas pinggang yang dipakainya. “Mereka juga mau mengambil sepeda motor saya, tapi saya mencoba bertahan sambil berteriak minta tolong,” katanya.

Mendengar teriakan Agus, sejumlah warga di sekitar kejadian langsung berdatangan. Keempat pelaku, yang menurut Agus masih remaja, langsung panik dan melarikan sepeda motor mereka menuju pertigaan Jalan Ciumbuleuit – Jalan Cihampelas. Agus dan kawannya kemudian dilarikan ke Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Advent.

Agus belum tahu apakah motif penyerangan itu terkait dengan statusnya sebagai wartawan atau murni perampasan. “Pelakunya memang seperti anggota geng motor,” katanya. Atas kejadian ini dia langsung melapor ke Markas Polisi Wilayah Kota Besar Bandung Jumat sore.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen Kota Bandung Nursyawal mengatakan turut prihatin atas kejadian yang menimpa Agus. Agus tercatat sebagai salah seorang pengurus AJI Kota Bandung. “Apapun motifnya, kami meminta aparat kepolisian agar mengusut tuntas kasus ini,” katanya.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polwiltabes Bandung Ajun Komisaris Besar Polisi M Arif Ramdhani mengaku sudah mengetahui peristiwa itu. Menurut Arif tidak menutup kemungkinan pelaku yang menyerang Agus adalah anggota geng motor yang semakin marak di Bandung. “Tapi kami belum dapat memastikan apa motifnya karena masih mengembangkan kasus ini,” ujarnya kepada Tempo Sabtu (5/8). (rana akbari fitriawan)


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: