Aliansi Jurnalis Independen


AJI Makassar soal Penganiayaan Wartawan Palopo Pos
February 20, 2007, 11:15 am
Filed under: Pernyataan Sikap

PERNYATAAN SIKAP
No: 09/PS//AJI-MKS/II/2007

Menyusul aksi kekerasan/penganiayaan yang menimpa wartawan Palopo Pos, sdr Akmal yang dilakukan olej oknum bernama Andi Oddha (putra Ketua DPRD Luwu Timur, Andi Hasan), yang terjadi pada hari Selasa, 20 Februari 2007, di halaman kantor Bupati Luwu Timur, Malili, maka Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Makassar menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Mengutuk keras dan mengecam aksi tersebut serta meminta aparat kepolisian menuntaskan kasus tersebut, termasuk menahan pelaku tanpa perlu takut dengan intervensi dengan pihak mana pun yang merasa berkuasa. Pelaku harus dijerat dengan hukuman seberat-beratnya sesuai dengan KUH Pidana dan Undang-Undang Pokok Pers No. 40/1999.
2. Meminta semua pihak untuk menghormati profesi jurnalis/wartawan dan tidak serta merta melakukan tindakan kekerasan hanya karena memiliki kekuasaan atau setidak-tidaknya dengan kekuasaan.
3. Kasus tersebut bukanlah yang pertama kalinnya terjadi di Tanah Luwu. Hal tersebut dapat menjadi preseden buruk bagi daerah dan masyarakat Tanah Luwu yang bias dianggap tidak paham dengan pekerjaan jurnalis. Apalagi peristiwa itu berlangsung di kantor Bupati Lutim.
4. Kasus tersebut seharusnya tidak terjadi bila semua pihak bisa memahami pekerjaan pers yang dilindungi Undang-Undang No.40/1999.

Demikian pernyataan sikap AJI Kota Makassar, semoga kasus tersebut tidak terulang lagi di masa yang akan dating dan aparat keamanan/kepolisian bisa bekerja serius dan profesional dalam mengusut kasus tersebut.

Makassar, 20 Februari 2007

Pengurus AJI Makasssar

Syarief Amir
Ketua

Thamsil Tahir
Koord. Div Organisasi

Tembusan:
1. Kapolda Sulsel di Makassar
2. Kapolres Luwu Timur di Malili
3. Pangurus AJI Indonesia di Jakarta
4. Pemimpin Redaksi Palopo Pos
5. Media cetak dan elektronik di Makassar dan Palopo


1 Comment so far
Leave a comment

ya. marilah tegakkan HAM di bumi sawegading. Negara kta adalah negara hhukum.Tentu saja setiap warga negara punya hak hidup, hak usaha dan ak lain diatas bumi republik ini. Hargalaha HAM seseorang.

Comment by AnSAR hASYIM




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: