Aliansi Jurnalis Independen


Aceh Kirim Doa Untuk Wartawan Korban Levina
March 1, 2007, 11:04 am
Filed under: Berita

01 Mar 07 15:08 WIB
Banda Aceh WASPADA Online

Puluhan wartawan Aceh melakukan doa bersama untuk mengenang dua kamerawan televisi yang meninggal dunia saat meliput bangkai KMP Levina I yang terbakar di perairan Muara Gembong, Jawa Barat. Doa bersama yang diikuti puluhan jurnalis dari media cetak dan elektronik digelar di kantor Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Banda Aceh, Rabu (28/2) malam. Doa ini dipimpin oleh Teungku Aiyub, imeum meunasah Gampong Batoh, Kecamatan Lueng Bata.

Muhammad Hamzah, ketua AJI Kota Banda Aceh, menyampaikan duka yang mendalam atas musibah yang menimpa dua kamerawan televisi swasta nasional tersebut. “Atas nama jurnalis Aceh, saya menyampaikan duka yang mendalam. Semoga arwah kedua almarhum mendapat tempat yang layak di sisi Allah,” katanya.

Tekait dengan musibah tersebut, Hamzah mengingatkan jurnalis untuk mengutamakan keselamatan saat melaksanakan tugas. Dia juga mengingatkan perusahaan yang mempekerjakan jurnalis agar memproteksi dengan asuransi setiap wartawannnya. “Jangan abaikan keselamatan, meskipun berita itu perlu,” tukas dia.

Kedua jurnalis yang “syahid” dalam tugas itu adalah Muhammad Guntur Syaifullah (kamerawan SCTV) dan Suherman (Lativi) meninggal dunia setelah bangkai KMP Levina I yang terbakar di perairan Muara Gembong, karam. Saat itu, mereka ‘bersama belasan wartawan lain’ melakukan liputan ke kapal Levina I yang telah ditarik ke perairan Muara Gembong, perbatasan Bekasi-Karawang, Jawa Barat. Namun, saat sedang melakukan liputan, tiba-tiba bangkai kapal itu tenggelam sekitar pukul 13:30, Ahad (25/2).

Kapal Levina I terbakar Kamis lalu, di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Di manifes kapal itu ada 275 orang yang diangkut, yang terdiri atas 227 penumpang, 17 awak, dan 31 sopir truk. Data polisi menunjukkan Levina I membawa 313 orang. Jadi ada selisih 38 orang yang tidak dicatat.

Sementara itu, Mukhtaruddin Yacob, wartawan SCTV di Aceh, mengucapkan terimakasih kepada wartawan Aceh yang telah menyumbangkan doa kepada rekan Muhammad Guntur dan Suherman. “Saya terharu dengan solidiritas yang diberikan kawan-kawan di Aceh,” kata Mukhtaruddin. (b05) (ags)


1 Comment so far
Leave a comment

saya turut berduga cita yang sedalam-dalamnya ats meninggalnya para wartwan indonesia sewaktu menjalankan tugasnya di lapangan .

Comment by rosmawatye




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: