Aliansi Jurnalis Independen


Demo ke Kompas Lagi
March 1, 2007, 2:47 pm
Filed under: Berita

Akhir Februari 2007, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta kembali berdemonstrasi di kantor Kompas Biro Yogyakarta untuk membela hak wartawan Kompas P. Bambang Wisudo yang di PHK oleh Kompas karena aktivitasnya di serikat pekerja.  Kali ini AJI Yogyakarta bergabung dengan Federasi Serikat pekerja Mandiri (FSPM), Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY) dan para aktivis pers mahasiswa dalam koalisi besar bernama KOMPAS (Komite Anti Pemberangusan Serikat Pekerja).

Aksi ini dikoordinator langsung oleh Odi dari FSPM. Sekitar 60 massa aksi, siang itu mendatangi kantor Biro Kompas di Yogyakarta yang terletak di Kota Baru. Selain berorasi, para demonstran juga membawa plakat yang isinya mengecam tindakan PHK sepihak yang dilakukan Kompas terhadap Bambang Wisudo dan sikap Kompas yang jelas-jelas menunjukkan anti kepada serikat pekerja (union busting).

Berbeda dengan sebelumnya, aksi massa kali ini juga mengecam seruan wartawan Kompas yang salah satu pokok pikirannya menyatakan mereka yang berada di belakang advokasi Bambang Wisudo sebagai ‘petualang’. Keinginan massa untuk bertemu wakil dari Biro Kompas Yogyakarta ternyata tidak terkabul. Pihak Kompas, seperti pada aksi sebelumnya, tidak menemui para demonstran.

Bahkan, dalam aksi ini, sebagian massa yang terdiri dari aktivis pers mahasiswa tidak diperkenankan masuk ke dalam halaman Kompas. Tetapi akhirnya mereka loncat pagar.

Dalam aksi ini, sempat terjadi ketegangan saat Odi melakukan orasi tepat di depan pintu gedung Biro Kompas Yogyakarta. Pihak keamanan (satpam) dan beberapa pegawai Kompas lainnya meminta Odi untuk
berorasi di halaman, tetapi Odi menolaknya. Selain Odi, perwakilan buruh, beberapa aktivis AJI Yogyakarta juga melakukan orasi.

Dalam kesempatan itu Odi membacakan tiga tuntutan KOMPAS yaitu: meminta klarifikasi soal sebutan bagi pembela Bambang Wisudo dengan sebutan petualang, dua, meminta Harian Kompas menghargai proses
demokrasi dalam pembelaan terhadap kasus Bambang Wisudo dan tiga, akan terus melakukan aksi  di semua unit usaha Kompas sampai pihak Kompas mencabut PHK Bambang Wisudo.

Setelah pihak Kompas tidak mau menemui para demonstran, massa kemudian bergerak ke toko buku Gramedia (masih milik grup Kompas juga) yang letaknya tidak jauh dari Kantor Kompas Biro Yogyakarta.
Berbeda, kali ini massa aksi diterima perwakilan Toko Buku Gramedia, Guntoro.

Di depan massa aksi, Guntoro mengatakan pihaknya tidak tahu persoalan yang diadvokasi teman-teman demonstran. Tetapi ia berharap persoalan ini dapat diselesaikan dengan baik. Ia juga mengatakan massa aksi lebih tepat jika datang ke Kompas. Namun Odi mengatakan pihaknya akan mendatangi ‘properti’ milik Kompas hingga mereka memberikan klarifikasi apa maksudnya memberikan label ‘petualang’ kepada  organisasi-organisasi yang membela bambang Wisudo.

Kamis, 1 Maret 2007
http://www.mediacenter-ajiyogya.com/


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: