Aliansi Jurnalis Independen


AJI Minta Pos APBD untuk Wartawan Dicoret
March 19, 2007, 7:30 pm
Filed under: Berita

Senin, 19/03/2007 14:53 WIB

GUNUNGKIDUL – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta meminta agar penganggaran dana untuk wartawan dalam pos APBD di Gunungkidul dihapuskan.

Dalam surat bernomor 385/AJI-Y/II/2007 yang dikirimkan ke Pimpinan DPRD Gunungkidul, AJI meminta dewan agar mencoret pos dana untuk wartawan dalam RAPBD. Menurut AJI sesuai dengan Kode Etik Wartawan Indonesia (KEWI), wartawan tidak diperbolehkan menerima apapun dari narasumber.

Selain itu dalam surat yang ditandatangani oleh Ketua AJI Yogyakarta Bambang MBK dan Divisi Etik dan Profesi, Masjidi, disebutkan bahwa wartawan bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS), sehingga tidak berhak mendapatkan honor atau apapun dari APBD.

Dalam surat tersebut juga disebutkan, bila pemerintah memiliki dana khusus untuk wartawan, seyogianya dewan bisa mengarahkan pos tersebut dialokasikan untuk pelatihan bagi wartawan. Pelatihan bisa melibatkan lembaga pelatihan yang profesional atau universitas sebagai penyelenggara.

Wakil ketua DPRD Gunungkidul Ratnopintoyo membenarkan adanya surat dari AJI tersebut. Menurut dia surat tersebut akan dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dan acuan dalam pembahasan RAPBD ini. β€œItu akan menjadi acuan kita. Tetapi pendapat dari kelompok yang lainakan kita dengarkan,?? terang dia, Senin (19/3/2007).

http://www.okezone.com/index.php?option=com_content&task=view&id=8754&Itemid=67


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: