Aliansi Jurnalis Independen


Diskusi Kesehatan Reproduksi dan Perlindungannya
April 24, 2007, 2:01 pm
Filed under: Agenda

Kepada Yth. Rekan-rekan Jurnalis
Di Jakarta

Dengan hormat,
Tubuh perempuan dan laki-laki sejak semula sudah berbeda dengan fungsi yang berbeda pula. Namun dalam perjalanan waktu, tak banyak dari kita mengenal tubuh kita sendiri terutama organ-organ tubuh untuk reproduksi. Sementara dengan berlalunya waktu, orang hanya mengenal seks yang diasumsikan sebagai kegiatan untuk mendapatkan kenikmatan, wujud keintiman dan kasih sayang serta pornografi.

Kekeliruan-kekeliruan sering kali muncul dan mendominasi pikiran karena banyaknya mitos dan pandangan yang salah tentang tubuh, dan organ reproduksi. Hal ini karena kita tidak pernah dikenalkan tentang tubuh kita sekaligus wacana di dalamnya. Sehingga kita tidak menjadi kritis terhadap segala ide-ide penguasaan atas tubuh perempuan.

Secara umum, kebijakan di tingkat negara yang kurang peduli akan hak-hak reproduksi perempuan menyebabkan kondisi kesehatan reproduksi perempuan Indonesia kian memprihatinkan. Angka kematian ibu melahirkan misalnya, saat ini masih sangat tinggi.

Dari sisi media, hingga kini banyak perusahaan industri media yang ternyata belum memberikan perhatian bahkan perlindungan terhadap kesehatan reproduksi para karyawannya. Tuntutan pekerjaan dan beban kerja yang tinggi perusahaan yang cukup tinggi seringkali tidak diimbangi dengan fasilitas dari perusahaan. Pada jurnalis perempuan seringkali mengalami masalah kesehatan atau ketika mengalami proses reproduksi. Tak hanya mengalami sakit saat menstruasi, bahkan ada pula yang sempat mengalami keguguran pada saat mengandung. Dari persoalan diatas kiranya perlu diulas lebih lanjut bagaimana seharusnya mengenal tubuh, kesehatan reproduksi dan memberikan perlindungan terhadapnya. Hal ini juga untuk menunjang kemampuan dan kinerja para jurnalis.

Karenanya dalam rangka Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April, YJP (Yayasan Jurnal Perempuan), AJI (Aliansi Jurnalis Independen) dan GPSP (Gerakan Pemberdayaan Swara Perempuan) didukung oleh BRA. Mooryati Soedibyo, SS, M.Hum dan UNFPA bermaksud menyelenggarakan acara sharing dan diskusi dengan tema “KESEHATAN REPRODUKSI DAN PERLINDUNGANNYA” yang rencananya akan dilaksanakan pada:

Hari / Tanggal : Sabtu, 28 April 2007
Jam : 09.00 – 12.00 WIB (mohon tepat waktu)
Tempat : Kantor GPSP Hotel Menara Peninsula, Lt.3 Jl. Letjend S. Parman Kav.78, Slipi, Jakarta Barat Telp. 5322580

Pembicara : Masrucqah, Sekjen Koalisi Perempuan Indonesia
Moderator : Mariana Amiruddin (Redpel Jurnal Perempuan)

Sehubungan dengan kegiatan tersebut, kami mengundang seluruh teman-teman jurnalis untuk hadir sebagai peserta aktif dalam diskusi tersebut. Peserta yang hadir juga akan mendapatkan buku-buku dari YJP, AJI dan UNFPA. Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Yayasan Jurnal Perempuan

Adriana Venny
Direktur Eksekutif


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: