Aliansi Jurnalis Independen


AJI turun ke jalan tuntut upah layak jurnalis
May 1, 2007, 7:23 pm
Filed under: Berita

Selasa, 01/05/2007 10:56 WIB

oleh : Lahyanto Nadie

JAKARTA (Antara): Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Jakarta dan AJI Indonesia yang tergabung dalam Aliansi Buruh Menggugat, hari ini ikut turun ke jalan memperingati hari Buruh Internasional, dengan menuntut upah yang layak bagi jurnalis.

Massa berkumpul di depan Plasa Bank Bumi Daya (BBD) Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat sekitar pukul 10.30 WIB kemudian melanjutkan aksi longmarch ke Bundaran Hotel Indonesia bergabung dengan massa demonstrans lain yang secara bersamaan melakukan aksi sama.

Massa yang juga terdiri atas para pekerja media dan aliansi sejumlah elemen buruh itu, membawa sejumlah poster, spanduk dan baliho besar berisi tuntutan agar perusahaan media memberi upah layak dan memberi hak berserikat di perusahaan untuk memperjuangkan hak-hak buruh.

Pada kenyataanya, jurnalis juga sebagai buruh yang nasibnya masih belum secerah yang diharapkan, karena upahnya masih jauh dari kata layak jika dibandingkan dengan upah jurnalis Malaysia atau Thailand.

“Gaji jurnalis Indonesia hanya seperempatnya. Kami akan menuntut gaji yang layak,” kata Koordinator Divisi Serikat Pekerja AJI Jakarta, Winuranto Adhi.

Menurut survei AJI Indonesia pada 2005, masih ada media yang menggaji jurnalisnya Rp200.000 per bulan. Angka itu adalah nominal yang masih sangat jauh dari upah minimum yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Akibatnya, jelas mutu liputan jadi asal-asalan, dan banyak jurnalis yang terjebak di dalam pusaran amplop,” katanya.

Padahal dengan pemberian uang dalam amplop, lanjut Winuarto, semakin mengaburkan jurnalis dari independensi dan obyektivitas. Oleh karena itu, AJI yang sejak awal berdiri dengan tegas menolak amplop meminta solusi upah layak bagi jurnalis.

Survei AJI Jakarta pada 2006, upah layak minimum jurnalis Jakarta sebesar Rp3,1 juta/bulan dan angka itu, perlu disesuaikan dengan kondisi inflasi saat ini. Angka tersebut, bukanlah angka yang muluk dan jurnalis bisa meraihnya dengan cara perjuangan bersama.

Aksi serentak AJI juga dilaksanakan di 12 kota, antara lain di Jakarta, Makassar, Medan, Kediri dan Surabaya. (ln)
http://web.bisnis.com/umum/sosial/1id3672.html


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: