Aliansi Jurnalis Independen


Demo Buruh di Jember dan Sukoharjo Menuntut Perbaikan Upah
May 1, 2007, 1:33 pm
Filed under: Berita

Selasa, 01 Mei 2007 19:02 WIB

Metrotvnews.com, Jember: Dua gelombang aksi demo mewarnai peringatan Hari Buruh sedunia di Jember, Jawa Timur, Selasa (1/5). Sekitar lebih 200 buruh pabrik, mahasiswa dan wartawan melakukan longmars menyusuri jalanan Kota Jember. Mereka menuntut perbaikan nasib buruh. Di depan Kantor Dinas Tenaga Kerja Jember, selain menggelar orasi, ratusan buruh menggelar aksi teaterikal yang menggambarkan penindasan kaum pengusaha terhadap kaum buruh.

Dalam orasinya, mereka menuntut penghapusan buruh kontrak dan upah minimum Kabupaten Jember sebesar Rp 575 ribu yang selama ini dianggap masih merugikan kaum buruh. Sementara para wartawan yang tergabung dalam Serikat Pekerja Pers Independen dan Aliansi Jurnalis Jember menuntut penghapusan status wartawan kontrak yang selama ini masih dilakukan para pengusaha media massa lokal maupun nasional.

Aksi massa menuntut perbaikan nasib buruh juga berlangsung di Sukoharjo, Jawa Tengah. Ratusan buruh pabrik yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional mendatangi Kantor DPRD Sukoharjo dengan mengendarai sepeda motor dan sepeda angin. Mereka menuntut penegakkan hukum yang menyangkut perburuhan.

Para buruh berorasi dengan tuntutan agar pemerintah menegakkan supremasi hukum yang berhubungan dengan perburuhan. Antara lain, pengusutan penggelapan iuran Jamsostek, pelanggaran upah yang layak, pelanggaran keselamatan dan kesehatan kerja dan penghapusan diskriminasi gender.(DOR)
http://www.metrotvnews.com/berita.asp?id=37968


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: