Aliansi Jurnalis Independen


Wartawan Daerah Tuntut Perbaikan Nasib
May 1, 2007, 10:35 am
Filed under: Berita

Selasa, 01 Mei 2007 | 15:47 WIB

TEMPO Interaktif, Kediri:Sebanyak 35 orang wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kediri, Jawa Timur, memperingati hari Buruh Sedunia di alun-alun setempat. Aksi menggalang solidaritas dalam rangka memperingati hari buruh diiringi penyebaran pamflet dan pemasangan spanduk bertuliskan: Wartawan Juga Buruh.

Mereka menuntut perusahaan media meningkatkan kesejahteraan bagi para jurnalis. Selain itu, persoalan stringer (pekerja lepas) yang bekerja di media televisi juga menjadi sorotan. Para wartawan menyampaikan tuntutan itu melalui orasi yang disampaikan bergantian sembari menyanyikan lagu kebangasaan. “Nasib wartawan di Indonesia masih jauh di bawah standar kehidupan layak. Perusahaan media wajib memikirkan nasib kami. Wartawan juga buruh,” ujar Danang Sumirat, wartawan SCTV dalam orasinya.

Beni Kurniawan, stringer TPI menyatakan, pemilik bisnis media kurang memperhatikan nasib wartawannya yang bertugas di daerah. Menurut Beni, selama ini wartawan di daerah hanya dipandang sebelah mata oleh para pemilik media. “Kami tidak tahu harus menyampaikan nasib kami kepada siapa. Dengan adanya rencana penggabungan tiga stasiun televisi, yaitu RCTI, Global TV dan TPI, saya yang selama ini membaktikan diri saya kepada TPI, sama sekali tidak mendapat posisi. Saya berharap para bos
memikirkan orang kecil seperti saya,” kata Beni.

Koordinator Divisi Serikat Pekerja AJI Kediri, Imam Mubarok Muslim, mengatakan lembaganya terus memperjuangkan segala persoalan menyangkut nasib para wartawan. “Kami tidak akan berhenti hanya pada aksi ini. Sudah sepantasnya wartawan mendapat perlakukan yang adil dari perusahaan tempatnya bekerja, sehingga mereka tidak terjebak dalam persoalan amplop,” kata Mubarok.

Dwidjo U Maksum


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: