Aliansi Jurnalis Independen


Agus Sudibyo Pemenang Press Freedom Award dari AJI
May 2, 2007, 12:55 pm
Filed under: Berita

Rabu, 02 Mei 2007 : 17.54 WIB

Jakarta, CyberNews. Deputi Direktur Yayasan Sciene dan Estetika (SET) Agus Sudibyo terpilih sebagai pemenang Press Freedom Award 2007 yang diselenggarakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Penghargaan yang pertama kali diberikan AJI ini dalam rangka memperingati Hari Pers Sedunia, 3 Mei.

Ketua Umum AJI Heru Hendratmoko menjelaskan Dewan Juri yang terdiri atas anggota Dewan Pers Bambang Harymurti, Pemimpin Redaksi The Jakarta Post Endy M Bayuni dan Direktur Utama Kantor Berita Radio 68H Santoso, sepakat memilih Agus Sudibyo sebagai pemenang. Agus dinilai memiliki semangat untuk memperjuangkan kebebasan pers melalui artikel-artikelnya yang ditulis di media massa.

“Selain itu, Agus Sudibyo juga sangat aktif dalam Koalisi Kebebasan Informasi, suatu aliansi dari berbagai lembaga swadaya masyarakat yang mengawal proses legislasi Rancangan Undang Undang Kebebasan Memperoleh Informasi Publik. Rancangan undang-undang ini dinilai bakal memberi sumbangsih besar bagi kebebasan pers di Indonesia,” papar Heru dalam keterangan pers yang diterima Suara Merdeka CyberNews, Rabu (2/5).

Menurut dia, penghargaan ini diberikan kepada jurnalis dan kolumnis yang memiliki semangat dan ikut memperjuangkan kebebasan pers melalui tulisan dan aktifitasnya. Kriteria bagi calon dalam Press Freeedom Award ini ada dua: umum dan khusus. Kriteria umumnya adalah pesertanya harus jurnalis atau kolumnis.

Adapun kriteria khususnya meliputi: (a) Karyanya memiliki semangat untuk merawat dan memperjuangkan kebebasan pers; (b) Karya diterbitkan dalam periode Mei 2006 sampai April 2007; (c) Tulisan berupa reportase, feature, analisis, dan opini; (d) Profesional; (e) Mematuhi kode etik.

Pencalonan dalam penghargaan ini berdasarkan usulan dari luar serta hasil pelacakan yang dilakukan oleh panitia. Hingga batas akhir pendaftaran, 23 April 2007, calon yang masuk ke panitia sebanyak 52 orang: 31 calon dari jurnalis, sedangkan dari kolumnis 21.

Heru menambahkan AJI berharap penghargaan ini akan memberi inspirasi kepada jurnalis dan kolumnis untuk ikut menjaga kebebasan pers dari ancaman kelompok mana pun. Entah dari negara atau pun kelompok-kelompok yang terancam kepentingannya oleh kebebasan pers.

“Penghargaan ini juga sebagai penghargaan dan apresiasi kepada mereka yang ikut merawat dan memperjuangkan pers yang bebas. Kami yakin, pers yang bebas merupakan prasyarat mutlak bagi tercipatanya iklim yang terbuka dan demokratis,” demikian Ketua AJI. ( imam m djuki/cn05 )

http://www.suaramerdeka.com/cybernews/harian/0705/02/nas19.htm


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: