Aliansi Jurnalis Independen


Wartawan Banyuwangi Tolak Kekerasan Terhadap Pers
May 3, 2007, 7:05 pm
Filed under: Berita

Kamis, 03/05/2007 19:39 WIB

BANYUWANGI– Hari Kemerdekaan Pers Dunia yang jatuh hari ini (3/5/2007), dirayakan puluhan wartawan Banyuwangi dengan aksi damai dan teatrikal di simpang lima kota.

Para peserta aksi ini tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Jaringan Radio Komunitas Budaya Blambangan (JRKBB) dan Aksi Buruh Media untuk Kebebasan. Ketiga organisasi tersebut mengutuk segala bentuk kekerasan terhadap pers.

Kordinator lapangan Ika Ningtyas menyatakan kasus kekerasan yang menimpa pers dari tahun ke tahun semakin meningkat. Oleh karenanya, segala bentuk kekerasan terhadap pers, yang menghambat akses informasi dan mengganggu kerja pers, harus ditolak.

Peserta aksi lainnya, Hamsin, mengingatkan agar kebebasan pers tidak dimaknai sebebas-bebasnya, melainkan disertai tanggung jawab.

“Kami mendesak pemerintah baik di birokrasi maupun lembaga penegak hukum tidak menghalang-halangi pers dalam mendapatkan informasi yang terkait dengan kasus-kasus hukum dan persoalan sosial,” ujar Hamsin.

Selain itu, peserta aksi juga mendesak kepada pemilik media agar memperhatikan keselamatan dan kesejahteraan wartawan, dan tidak hanya berorientasi pada bisnis yang menguntungkan diri sendiri.

Perwakilan JRKBB Ahmad Rizal Sani juga menyatakan sikap. “Kita mendesak pada pemerintah untuk membuka ruang kebebasan radio komunitas bagi pemberdayaan masyarakat di komunitasnya,” tegasnya.

Selain berorasi, sejumlah wartawan dan pegiat teater sanggar “Merah Putih” kemarin juga menggelar aksi teatrikal yang menggambarkan terpasungnya kebebasan pers akibat ulah pemerintah dan pihak-pihak lain yang tidak transparan dan menggunakan cara-cara kekerasan.

Ribuan selebaran berisi refleksi peringatan hari kemerdekaan pers dan pernyataan sikap juga dibagi ke pengguna jalan di seputar simpang lima Kota Banyuwangi. Sehari sebelumnya, rilis pernyataan sikap dan buku saku berisi peraturan perundang-undangan dan keputusan penting yang berkaitan dengan pers, disebarkan ke seluruh instansi pemerintah dan swasta. (ishomuddin/sindo/adi)

http://www.okezone.com/index.php?option=com_content&task=view&id=17551&Itemid=54


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: