Aliansi Jurnalis Independen


Pekerja Media: Diupah Sangat Rendah
May 4, 2007, 10:20 am
Filed under: Berita

MALANG, KOMPAS – Forum Komunitas Wartawan Malang mengingatkan, meski kapitalisasi pasar periklanan sebagaimana diungkap oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Sofyan A Djalil bisa mencapai Rp 40 triliun setahun dalam kasus media elektronik, sebenarnya kesejahteraan pekerja media umumnyamasih amat rendah.
Hal itu diungkapkan Eko Widianto, Koordinator Forum Komunitas Wartawan Malang (FKWM) yang juga menjabat Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Malang, di tengah-tengah aksi pada peringatan Hari Kebebasan Pers Internasional 3 Mei, Kamis (3/5). Aksi dilakukan dengan menyebar pamflet di halaman kantor DPRD Kota Malang.
Informasi yang dihimpun AJI setahun terakhir, kata Eko, tercatat ada 53 kasus kekerasan yang menimpa jurnalis dan media dalam berbagai bentuk. Kekerasan tersebut terdiri dari delapan kasus ancaman, empat kasus pelecehan, satu kasus penculikan, delapan kasus pengusiran, satu kasus pemenjaraan, tiga kasus sensor, 21 kasus penyerangan, dan tujuh kasus tuntutan hukum.
Periode yang sama tahun lalu, jumlah peristiwa kekerasan yang menimpa wartawan berjumlah kurang lebih sama, yakni 54 kasus. Penelitian pengupahan yang dilakukan AJI pada tahun 2005, kata Eko, menunjukkan masih rendahnya pengupahan di lingkungan perusahaan media.
Survei yang dilakukan pada 17 kota di Indonesia sebagian besar wartawan hanya digaji antara Rp 600.000 – Rp 1.800.000 per bulan. Hanya 1,3 persen bergaji Rp 5 juta atau lebih sebulan, sebanyak 41 persen digaji antara Rp 1 juta hingga Rp 1,8 juta sebulan.
Salah satu yang dikritisi FKWM, masih adanya pola outsourcing. Artinya, jurnalis hanya diupah sejauh hasil kerjanya atau pay per view. Tidak ada gaji tetap yang menunjukkan adanya kesejahteraan, asuransi, jaminan kesehatan. (ODY)

KOMPAS Jawa Timur – Jumat, 04 May 2007


1 Comment so far
Leave a comment

mmg upah yang di terima para wartawan sering tidak sebanding dengan apa yang mereka kerjakan,,,,,,tapi bukan itu tujuan para wartawan dan jurnalis.Merekaa\ hanya berharap apa yang mereka kerjakan dapat membantu orang untuk mengetahui infromasi yang jelas ttg berita -berita

Comment by rosmawatye




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: