Aliansi Jurnalis Independen


Kegiatan AJI-UNICEF
August 20, 2007, 9:14 am
Filed under: Agenda

 

  1. Mulai tanggal 20 Agustus 2007, dilakukan pembuatan Term of reference (TOR). Dari pihak sekretariat mengirimkan contoh TOR tahun sebelumnya. Kemudian saya sebagai PO (Project Officer) membuat yang baru. Awalnya pada 21 Agustus tema yang diangkat adalah ‘Hak-Hak Asasi Anak di Media’. Namun terjadi perubahan tema kegiatan itu karena diangkat tema itu terlalu sempit. Sehingga tema yang diangkat adalah ‘Penghargaan AJI-UNICEF untuk Karya Terbaik tentang Anak’.Para dewan juri dihubungi untuk meminta kesediaannya menjadi dewan juri penghargaan AJI-UNICEF’. Mayoritas menggatakan bersedia. Jadwal rapat dewan juri pertama kali, rencananya akan dilaksanakan pada Senin, 27 Agustus. Namun, pada saat dewan juri dikonfirmasi teryata banyak yang tak bisa datang sehingga rapat dewan juri di undur menjadi Kamis, 30 Agustus pukul 18.00 WIB di Sekretariat AJI.
  2. Meskipun demikian, tak semua dewan juri yang hadir. Dewan juri yang hadir adalah Magdalena Sitorus, Santi Kusumaningrum, Kendartanti Subroto, Heru Hendratmoko dan Eddy Suprapto. Sedangkan dari sekretariat AJI yang hadir adalah Rach Alida Bahaweres, Luviana dan Handaru Putro. Rapat perdana ini menjelaskan tentang penghargaan AJI-UNICEF. Selain itu juga dibahas tentang sistem penilaian. Nanti akan ada dua sistem penilaian yakni penilaian adminsitrasi oleh AJI dan kedua oleh dewan juri.
  3. Setelah ditemui kesepakatan maka dilakukan penyebaran informasi melalui fax kepada media massa di Jakarta, pemberitahuan kepada seluruh AJI Kota se Indonesia, email wartawan atau kenalan PO dan ke milis-milis. Hampir setiap hari diberikan PO memposting pengumuman melalui milis dan email-email kawan wartawan. Pemberitahaun ini juga dilakukan melalui pesan pendek ke telepon genggam Ketua AJI Kota atau kawan-kawan wartawan PO. Serta di Ambon pula dilakukan informasi tentang ‘Penghargaan ini.
  4. Disamping itu juga, dibuat desain poster untuk penghargaan. Butuh waktu sekitar tiga hari (mulai tanggal 9-11 September) hingga poster itu jadi. Ada beberapa yang harus diperbaiki seperti ada ketentuan yang hampir mirip, warna yang kurang cerah serta nama dewan juri yang masih kurang tepat. Kesalahan itu terletak pada PO yang kurang teliti.
  5. Setelah desain poster siap maka poster itu dicetak sebanyak xxxx buah. Poster-poster yang telah siap langsung disebarkan kepada media massa serta ke AJI Kota se Indonesia. Penyebaran ini juga dilakukan pada saat AJI melakukan seminar atau kegiatan-kegiatan. Selain itu juga melalui kenalan pribadi.

Setelah itu dilakukan pemasangan iklan di Koran Tempo, Detik dan 68H. Siaran Pers juga dikirimkan kepada mediamassa serta milis.

  1. Penerimaan naskah hingga 31 Oktober. Tapi lantas diperpanjang hingga 13 November karena tidak banyak yang memasukkan naskah. Total hingga penutupan ada 110 naskah yang masuk. Sebelum penilaian dewan juri, Alida, Luviana dan Abdul Manan melakukan seleksi administrasi. Setelah itu naskah para peserta yang lolos tahap administrasi digandakan sesuai jumlah dewan juri.
  2. Naskah yang masuk itu lantas dinilai pada rapat dewan juri terakhir yakni pada Rabu, 28 November 2007. Pada saat rapat terakhir itu tak semua dewan juri hadir. Magdalena Sitorus teryata belum memasukkan penilaian karena katanya di luar negeri. Tapi tak ada pemberitahuan sama sekali sehingga sulit menghubungi beliau. Heru Hendartmoko juga tak hadir karena di luar kota. Penilaian dikirim dua hari berikutnya. Arya Gunawan dan Ninuk walaupun tidak bisa datang tetapi mengirimkan hasil penilain. Tetapi pada saat rapat penilaian ini terjadi kesalah pahaman pada lembar penilaian. Jadi ada dua kali pengiriman lembar penilaian. Lembar penilaian yang dikirim keliru sehingga dikirim lagi. Tapi sayangnya pengiriman ulang ini tidak diberitahu sebelumnya sehingga dewan juri masih menilai dengan lembar penilaian yang lama. Hal ini karena sekretariat AJI tidak teliti, cekatan.
  3. Toh, penilaian itu akhirnya rapat memutuskan pemenang dari ketiga kategori yakni televisi, cetak dan radio.
  4. Setelah itu karya para pemenang di tulis ulang dan di edit untuk dijadikan buku. Lay out buku, ilustrator dan desain cover buku dihubungi.
  5. Mencari lokasi penyerahan sangat sulit. Hotel yang dihubungi mayoritas full seperti Nikko, Shangrilla, Grand Melia, Mulia-Senayan, Crown, Le Meridien. Tapi ada juga yang masuk waiting list yakni Four Seasons (waiting list 2), Santika, hotel Sultan dan Hotel Atlet. Kalaupun ada tapi tidak sesuai dengan budget. Akhirnya setelah melalui masa pencarian yang panjang diputuskan lokasi penganugerahan di Ruang Merak 1, JCC karena sesuai budget dan waktunya kosong pada tanggal 17 Desember.
  6. Menghubungi keynote speakter juga tak mudah. Ada beberapa prioritas yakni Mufidah Kalla, Jusuf Kalla, M Nuh, Fuad Hasan dan Jacoeb Oetama. JK awalnya menyatakan kesediaannya tetapi untuk mengantispasi kalau pak JK tidak datang maka M Nuh selaku Menkominfo dihubungi. Teryata JK tidak datang dan mengutus Meutia Hatta sebagai ganti. Tetapi M Nuh pun sudah menyatakan kesediaannya. Sedangkan MC akhirnya yang datang adalah Farhan, Shanaz Haque tak bisa menjadi MC. Sebelum kegiatan berlangsung kami melaksanakan rapat pemantapan. Undnagan disebarkan tapi karena terbatas maka hanya 100 saja yang di undang. Undnagan umum dikirimkan kepada media msaa melalui fax dan milis.
  7. Acara pun dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2007 di Ruang Merak 1 Balai Sidang Jakarta, JCC. Semua lancar dan terkendali. Masalah baru timbul belakangan setelah saya baru tahu hingga saya membuat laporan teryata pemenangbelum mendapatkan haknya 100 persen. Saya harap ini bisa tertangani

 

Salam

Rach Alida Bahaweres

PO ‘Penghargaan AJI-UNICEF untuk Karya Jurnalistik Terbaik tentang Anak’


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: